Jenis dan Ciri-ciri Burung Kacer Yang Bagus di Indonesia





Penggemar burung kicau kacer mari merapat untuk mengetahui lebih banyak jenis-jenis dan ciri burung kacer yang bagus di Indonesia. Burung kacer merupakan burung yang identik dengan warna hitam dan putih ini memang banyak sekali diminati oleh banyak penggemar burung kicau di tanah air ini. Jenis burung kacer sendiri sangatlah banyak, namun untuk suara, harga dan perawatan burung kacer tidaklah butuh waktu banyak, cukup sederhana dan menghasilkan jenis burung kacer yang gacor.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Lokal Jawa Hitam




Burung kacer lokal hitam Jawa ( Copsychus sechellarum ) atau juga dikenal dengan Seychelles Magpie Robin penyebarannya dimulai dari Seychelles ( Afrika ), Jawa serta Kalimantan ( Indonesia ). Semua tubuh berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kemampuan untuk berkicau amat baik serta pandai menirukan suara-suara di sekitarnya. Tampilan amatlah atraktif sembari buka ekor dan mengeluarkan suara kicauan yang amatlah merdu. Burung ini sangat suka dengan hawa panas.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Poci atau Kacer Sumatera

Image result for Burung Kacer Poci atau Kacer Sumatra 

Burung kacer poci atau kacer sumatera memiliki nama ilmiah Copsychus saularis. Perbedaan yang paling mencolok antara kacer Jawa dengan kacer Sumatra ini terletak pada bagian warna bulu dada perut hingga pantat burung kacer berwarna putih. Sedangkan untuk warna tubuh lainnya sama seperti pada kacer Jawa. Untuk suara mempunyai suara yang nyaring keras dan pintar menirukan suara masteran.
Burung kacer poci sumatera yang bagus itu yang warna hitamnya yang lebih banyak (hitamnya agak ke bawah) dengan dada yang membusung besar dan paruh yang tebal serta panjang.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Madagaskar

 

 Burung kacer Madagaskar atau Copsychus albospecularis ini memiliki tiga jenis yaitu pica, albospecularis dan inexpectatus. Burung jenis yang satu ini memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis burung kacer Sumatera, namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Untuk kemampuan berkicau burung dari Afrika ini tidaklah kalah dengan burung kacer yang berasal dari Indonesia.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Tasik

Image result for Burung Kacer Tasik 

Burung kacer Tasik memiliki ciri fisik warna putih terdapat pada pangkal ekor dan warna hitam yang hampir menyeluruh disemua bulunya kecuali sedikit dibagian sayap serta ekor. Untuk burung kacer jenis yang satu ini kurang diminati oleh banyak kalangan pecinta burung kicau yang disebabkan karena memiliki mental yang kurang bagus.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Kalimantan 

Image result for Jenis Burung Kacer Kalimantan 

Burung kacer kalimantan memiliki ciri yang hampir sama dengan burung kacer poci, namun tetap ada bedanya, yaitu burung kacer Kalimantan memiliki warna hitam yang lebih banyak, mulai dari kepala sampai dada bagian bawah atau hampir sampai ke perut. Kacer Kalimantan memiliki kelemahan ketika berkicau sering menggembung, sehingga ketika diadu burung ini akan mudah lelah, meski tidak semua jenis burung kacer Kalimantan seperti itu.

Ciri-ciri dari Jenis Burung Kacer Blorok

Image result for Jenis Burung Kacer Blorok 

Selain itu juga ada kacer jenis baru yang ada di pasaran saat ini. menurut peneliti kacer ini lahir antara perkawinan alamiah kacer hitam putih dengan kacer jawa (kacer hitam) . yaitu kacer blorok. Untuk kicauannya, kacer ini juga tidak kalah merdunya dengan burung kacer jenis yang lainnya diatas. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis dan Ciri-ciri Burung Kacer Yang Bagus di Indonesia"

Post a Comment