Info-Kicau 9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird !!

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang banyak digemari akhir-akhir ini, banyak orang yang melakukan budidaya (breeding) atau sekedar memelihara untuk diikutsertakan dalam lomba. Burung ini selain cantik, juga memiliki suara (kicauan) yang merdu. Banyak orang yang menyukai gaya burung ini dalam berkicau, hingga banyak dari mereka yang mengadakan kejuaraan untuk burung jenis ini.

Berbicara mengenai burung, tahukah Anda jika ada 9 jenis lovebird yang ada di dunia ini? Kesembilan jenis itu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Lalu apa saja jenis burung paruh bengkok ini? berikut penjelasannya.

spesies lovebird, warna lovebird, lovebird warna

Jinis-jenis Lovebird 
Setidaknya ada 9 jenis burung lovebird yang biasanya dijadikan peliharaan bagi mereka yang suka dengan burung ini. Dan berikut adalah usalasan lengkapnya.

1. Red-Faced Lovebird (Agapornis Pullarius)
Jenis ini adalah jenis yang paling besar diantara jenis-jenis yang lain, ukuran burung ini berkisar antara 15 sampai 16 cm. Jenis ini memiliki ciri khusus, ciri tersebut terdapat pada bulunya yang semuanya berwarna hijau dan pada bagian wajah memiliki warna merah. Warna merah ini untuk betina cenderung lebih sedikit, sedangkan untuk jantan cenderung lebih banyak dari betina. Habitat burung ini berada di bagian Afrika Tengah dan Afika Barat.

2. Grey-Headed Lovebird or Madagascar Lovebird (Agapornis Canus) 
Jenis ini adalah satu-satunya jenis lovebird yang berasal dari madagaskar, ciri utama pada jenis ini adalah warna abu-abu pada bagian punggung, kepala, leher dan paruhnya. Sedangkan untuk bagian perut dan sayap burung ini berwarna hijau gelap. Panjang burung ini berkisar antara 13cm sampai 14cm, jika dibandingkan red-faced burung jenis ini cenderung lebih kecil. Habitat burung ini ada pada pulau Madakaskar sebelah benua Afrika.

3. Fischer's Lovebird (Agapornis Fischeri) 
Untuk jenis ini Anda akan mendapati berbagai macam warna pada bulunya, ya burung ini memiliki warna hitam di kepala, merah di paruh, putih di mata, hijau di sayap, jingga di bagian leher, dan biru untuk bagian pantatnya, sedangkan untuk ukuran burung ini memiliki panjang sekitar 14 cm.  Habitat asli burung ini ada di daerah Tanzania di Benua Afrika.

4. Black-collared Lovebird atau Swindern's Lovebird (Agapornis Swindernianus) 
Jenis  ini memiliki mayoritas warna hijau pada tubuhnya, hanya saja pada bagian lehernya berwarna coklat, untuk tengkuknya berwarna hitam, paruhnya berwarna coklat kehitaman, sedangkan untuk ukuran Ia memiliki panjang sekitar 13,5 cm. Habitat asli burung ini ada di Afrika Tengah dan Barat.

5. Lilian's Lovebird Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae) 
Jenis ini memiliki warna hijau pada seluruh badannya. Namun untuk bagian kepala burung ini memiliki warna jingga, paruhnya berwarna merah, sedangkan untuk matanya berwarna putih. Untuk ukuran burung ini berkisar sekitar 12 sampai 13 cm. Habitat asli burung ini ada di Tanzania, Malawi, dan Mozambique di daerah Afrika.

6. Jenis Sayap hitam (Agorpornis Taranta) 
Burung ini memiliki warna hijau untuk tubuhnya dan warna hitam pada bagian bawah sayapnya. Untuk membedakan yang jantan dan betina biasanya dibedakan dengan warna jingga pada bagian kepala, sedangkan untuk ukuran burung ini sekitar 13 samapi 14 cm. Ia memiliki habitat asli di daerah Ethiopia di benua Afrika.

7. Jenis Muka Salem (Agorpornis Roseicollis) 
Umunya burung ini memiliki warna hijau untuk tubuhnya, namun Ia memiliki warna kuning di bagian paruh, dahi dan mata yang berwarna merah, sayap bagian belakang yang berwarna biru, dan kaki yang berwarna abu-abu. Burung ini memiliki tipe albino dengan warna bulu yang putih dan warna mata yang merah, tipe lutino dengan warna tubuh kuning dan warna mata yang merah, dan tipe cinamon yang memiliki warna coklat, dan masih banyak tipe burung lain yang berjenis muka salem ini. Untuk habitatnya sendiri Ia ada di daerah Afrika.

8. Jenis Muka Topeng (Agorpornis Prosantha) 
Jenis lovebird ini memilki warna hijau untuk bagian tubuhnya, warna kuning untuk bagian leher, warna coklat kehitaman untuk bagian pipi, warna merah untuk bagian paruh, warna htam untuk bagian wajah, dan warna putih untuk bagian mata. Sedangkan untuk habitat asli burung ini adalah di Afrika sebelah barat daya.

9. Jenis Kacamata Pipi Hitam (Agorpornis Nigrigenis) 
Burung ini memiliki warna tubuh hijau dan memiliki warna coklat kehitaman pada bagan dahi. Sedangkan untuk bagian dada atas berwarna jingga, paruh berwarna merah, sedangkan untuk kaki dan ekor berwarna abu-abu dan warna putih pada bagian matanya. Sedangkan untuk habitat aslinya ada di daerah Zimbabwe dan Zambia di benua Afrika.

Mayoritas burung Lovebird berasal dari benua Afrika, dan satu dari mereka berasal dari pulau Madagaskar. Walaupun burung impor tapi peminatnya sangat banyak di Indonesia, hal itu dilihat dari banyaknya orang yang memelihara burung ini dan menjadiknya sebagai burung untuk kejuaraan dan lomba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Info-Kicau 9 Ragam Warna Spesies Burung Lovebird !!"

Post a Comment